klik salah satu iklan untuk keluar

Join The Community

Sunday, February 13, 2011

menjadikan hati tenang

Berikut ini adalah tehnik sederhana yang dapat anda latih untuk membantu agar anda dapat mulai bisa lebih memakai hati & perasaan dengan lebih baik lagi di saat kita berdoa :
Cobalah anda duduk dengan lebih santai, tulang punggung cukup lurus tanpa memaksakan diri, sambil menyentuh permukaan dada anda yang berada di bagian atas (kira-kira setinggi ketiak) dengan 1 atau beberapa jari tangan untuk mempermudah menstimulasi ketenangan di hati.
Jika anda cukup santai & bisa tersenyum dengan manis & lepas dalam keadaan seperti ini, maka anda secara alamiah akan mulai bisa merasakan getaran ketenangan yang perlahan-lahan muncul dari sekitar titik yang anda sentuh tersebut
Ketenangan tersebut akan otomatis menjadi semakin kuat jika anda dapat menjadi semakin santai & anda membiarkan perasaan hati anda untuk semakin menikmati ketenangan tersebut, tidak dengan cara memaksakan diri untuk berkonsentrasi, melainkan hanya untuk menjadi semakin santai & memakai perasaan saja.
Dengan niat saja, sekarang tersenyumlah dengan lebih manis lagi untuk hati anda, untuk ketenangan yang anda rasakan di hati anda, agar anda dapat semakin menikmati perasaan tenang & damai di hati anda dengan lebih dalam lagi.
Dari hati anda yang sudah mulai tenang, pasrahkan semua beban, pikiran, hambatan, batasan, jiwa, hati & seluruh diri anda seutuh-utuhnya kepada Dia Yang Maha Pengasih & sadarilah bahwa anda sedang dikasihi olehNYA dengan seutuh-utuhnya. Sambil menyadari hal tersebut di atas, biarkan hati anda dapat menjadi semakin kuat lagi untuk terhubung & mengarah kepadaNYA dengan lebih baik lagi (sebelum melangkah ke tahap berikutnya, silahkan anda ulang-ulang terlebih dahulu langkah awal sampai dengan point ini agar anda dapat benar-benar bisa mulai merasakan ketenangan di hati anda)
Dalam keadaan hati yang sudah semakin tenang ini, silahkan anda mulai berdoa untuk memohon agar emosi-emosi negatif di hati anda beserta semua sampah-sampahnya supaya dibersihkan & dikeluarkan dari hati anda untuk digantikan dengan cahaya & kasih sayangNYA seutuh-utuhnya. (Contoh kalimat doa yang bisa anda pakai untuk latihan ini dapat anda lihat di halaman Doa Buka Hati )
Apapun reaksi pembersihan yang terjadi saat anda berdoa seperti ini, pasrahkan saja semuanya kepada TUHAN & yakinlah bahwa DIA pasti akan selalu memberikan yang terbaik untuk anda, karena hanya DIA-lah Yang Maha Pengasih & Maha Bijaksana di atas segala-galanya.

Doa Buka Hati

Materi atau kalimat yang bisa anda pakai dalam berdoa untuk lebih membuka hati anda kepada Tuhan sebenarnya adalah bebas, menurut kebiasaan anda dalam berdoa sehari-hari sesuai dengan agama & kepercayaan anda masing-masing. Cuma dalam hal ini untuk membantu mempermudah memberikan gambaran kepada anda tentang materi atau isi doa anda, maka ada beberapa hal yang harusnya di jadikan point utama dalam doa anda tersebut, yaitu:

1. Awali doa anda dengan mengucapkan rasa syukur atas semua anugrah Tuhan yang sudah & akan diberikan kepada anda.
2. Memohon bantuan & bimbingan dari Tuhan agar dapat selalu berdoa dengan sepenuh hati & perasaan
3. Berdoa agar semua emosi-emosi negatif di hati anda supaya dibersihkan & dikeluarkan dari hati (setiap emosi negatif di sebut satu persatu dan didoakan secara khusus satu persatu pula)
4. Memaafkan kesalahan orang lain & berdoa agar semua hal-hal /emosi negatif yang diakibatkan oleh kesalahan orang lain supaya dibersihkan & dikeluarkan dari hati.
5. Memohon ampun atas semua kesalahan kita sendiri beserta semua akibat-akibat negatif yang diakibatkan oleh kesalahan-kesalahan tersebut.
6. Mengakhiri doa dengan pujian & rasa syukur kepada Tuhan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...