klik salah satu iklan untuk keluar

Join The Community

Sunday, February 6, 2011

Kiamat 2012

Akhir akhir ini semakin banyak saja orang membahas mengenai isu kiamat yang akan terjadi tahun 2012. Isu ini makin hangat diperbincangkan setelah ditayangkannya film “2012: secara serentak diseluruh dunia pada tanggal 13 November 2009 yang lalu.
2012
Film yang bercerita tentang doomsday alias kiamat yang melanda bumi ini cukup menarik rasa ingin tahu masyarakat dan saya sendiri tentunya. Film berbiaya $200 jutaiini menghadirkan special effect yang canggih dan cerita tentang mengerikannya kehancuran bumi akibat planet-X, dan badai matahari yang “katanya” akan mendekat garis orbit bumi.
Benarkah itu semua?…
Ternyata isu kiamat 2012 yang makin ramai dibicarakan ini dibantah secara tegas oleh NASA yaitu badan antariksa Amerika Serikat. Di dalam situsnya dijelaskan secara gamblang mengenai isu isu dan fakta fakta tentang hal hal apa saja yang “katanya” menjadi penyebab kiamat 2012 itu.
Di dalam negeri pun juga tak mau kalah. Sampai infotainment dan berita di tv pun banyak yang memberitakan perihal kejadian ini. Bahkan ulama di jawa timur pun sampai mengeluarkan fatwa haram untuk menonton film ’2012′ ini. Sungguh kontroversial sekali ya?…
Semakin kontroversial dan semakin dilarang, justru malah membuat masyarakat tambah penasaran untuk menontonnya. Terbukti di pekan pertama saja antrian panjang di bioskop yang menayangkan film itu cukup panjang dan bahkan ada yang sampai menayangkan 2 studio sekaligus.
Memang strategi marketing dari film itu pun juga terbilang canggih, hal ini juga diperkuat dengan dibuatnya situs ‘hoax‘ tentang kiamat 2012 ini. Situs yang bertema “kelanjutan kemanusiaan” ini membuat propaganda yang kelihatan sangat ilmiah sekali sehingga orang awam pun akan mempercayainya. Termasuk anda juga mungkin?…
sebenarnya apa sih yang menjadi pemicu tentang munculnya isu kiamat 2012 ini?
Adalah kalender dari suku kuno Maya dari mexico dan guatemala yang awalnya menyebabkan kehebohan ini. Kalender ini menyebutkan pada tanggal 21 Desember 2012 adalah merupakan akhir dari suatu “siklus” dari sebuat sistem yang mereka ciptakan sendiri pada masa lalu. Seperti pada kalender modern yang kita kenal sekarang, siklus tahunan pun mempunyai masa tahun yaitu berawal dari 1 januari dan berakhir pada 31 desember. Dan itu akan berulang terus dan merupakan siklus yang berkesinambungan.
Pada siklus kalender bangsa maya, tanggal 21 desember 2012 adalah merupakan akhir dari siklus yang dinamakan baktun. Baktun adalah masa selama 144.000 hari atau sama dengan 394 tahun.
Penyebab lainnya yang cukup menghebohkan lainnya yaitu tentang munculnya planet nibiru yang merupakan legenda bangsa sumeria kuno. Menurut ramalannya planet ini akan mendekat bumi pada tahun 2003, namun hal itu tidak terjadi, lalu digeser berkat propaganda pihak tertentu ke tahun 2012.
Munculnya planet nibiru, kalender bangsa maya, dan kemudian tentang berita mengenai posisi bumi, matahari dan pusat galaksi bima sakti yang berada pada satu garis lurus ikut memperkuat propaganda ini. Menurut NASA, setiap desember memang bumi, matahari dan pusat galaksi berada pada satu garis lurus, tapi hal itu tidak membahayakan bumi khan?.. Terbukti dengan tidak adanya fenomena alam yang cukup signifikan untuk merubah sistem tata surya kita.
Apabila ada objek benda langit baik itu asteoid, planet atau benda langit lainnya yang memotong garis orbit bumi, hal ini pasti sudah diketahui oleh para astronom beberapa tahun sebelumnya. Dan sampai sekarang tidak ada 1 benda langit yang cukup signifikan yang bisa membuat kehancuran di muka planet ini.
Mengenai berita tentang badai matahari yang siklusnya terjadi setiap 11 tahun sekali itu memang ada, tetapi tidak akan sampai membuat kerusakan yang cukup parah di permukaan bumi. Paling paling badai itu hanya akan mengganggu sedikit komunikasi radio dan peralatan di satelit yang mengorbit bumi.
Jadi apabila badan luar angkasa NASA saja sudah membantah habis habisan tentang kiamat 2012 ini masihkah kita terlena oleh konspirasi pihak pihak tertentu saja yang mengambil keuntungan dari fenomena ini?…
Apa komentar anda…

0 komentar:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...