klik salah satu iklan untuk keluar

Join The Community

Sunday, February 6, 2011

Tips memilih LCD Monitor

LCD-monitor
Bagi anda yang sekarang masih menggunakan monitor tabung (tube) dan ingin menggantinya dengan LCD mungkin ada sedikit kebingungan mengenai bagaimana memilih LCD monitor yang tepat sesuai kebutuhaan anda,
memang, memilih LCD monitor bagi anda yang belum pernah menggunakan monitor jenis ini sebelumnya, agak sedikit bingung. Antara budget dan feature biasanya berbanding lurus. Artinya apabila budget anda lebih, anda bisa mendapatkan LCD yang mempunyai fitur serta lebar layar yang lebih besar.
Widescreen atau letter box (aspect ratio)
Ada 2 jenis LCD berdasarkan jenis bidang layarnya di pasaran saat ini. Tipe layar lebar (widescreen) mempunyai aspect ratio 16:9 dan tipe letter box (ratio 4:3). Sebenarnya hal ini sih tergantung anda. Yang mana menurut anda nyaman dilihat apakah tipe widescreen atau letter box itu adalah penilaian individu masing masing.
Tetapi tren saat ini adalah LCD monitor yang bertipe wide (lebar). Karena mempunyai bidang yang lebar sehingga cocok untuk keperluan multimedia seperti video, menonton film dan grafis (desain). Dipasaran pun anda lebih mudah mendapatkan tipe widescreen sedangkan tipe letter box sudah agak sulit belakangan ini. Kecuali untuk tipe luas bidang dengan ukuran yang kecil seperti ukuran 15 inchi. sedangkan untuk ukuran middle dan besar (17 inch keatas) kebanyakan sudah mengadopsi tipe wide (lebar).
Merk LCD monitor yang bagus?
Mengenai merk saya tidak akan membahasnya. Hal ini tergantung pada penilaian anda sendiri. Seperti pada handphone, setiap orang pasti mempunyai merk favorit tersendiri. Mengenai merk dan jenis masing masing bisa dilihat di web resmi mereka, seperti Acer, Dell, Samsung, LG, Viewsonic dan lainnya seperti melalui brosur yang dikeluarkan oleh masing masing merk tersebut.
Hal mendasar memilih LCD monitor.
1. Pilihlah merk yang sudah cukup terkenal dan sudah berpengalaman dalam memproduksi LCD monitor. Karena merk yang kuat juga merupakan jaminan kualitas produk (biasanya).
2. Ukuran layar. Saat ini dipasaran tersedia ukuran lebar diagonal layar LCD mulai dari 15, 15.6, 17, 18.5, 19, 22, dan 24 inch. sesuaikan besar bidang dengan kebutuhan pada pekerjaan anda. Apabila anda seorang designer, pilihlan LCD berlayar menengah besar (17 inch keatas). bagi anda pecinta game ukuran 17 – 19 inch dirasa cukup baik dan ideal. Karena apabila anda memilih ukuran LCD ukuran besar bagi anda seorang gamer, maka akan menuntut spesifikasi kartu grafis dan juga menghabiskan sumber daya PC anda dengan sangat besar.
3. Response time. Response time adalah waktu yang dibutuhkan oleh LCD untuk menampilkan rate speed image pada monitor. Apabila anda sorang maniak film dan gamer, maka sebaiknya pilihlah monitor dengan response time yang cukup cepat (2 ms), untuk menghindari gambar blur terutama pada motion picture.
4. Contrast Ratio. Adalah ratio kontras gambar dari area gelap dan terang. semakin tinggi contrats ratio maka akan semakin lebar pula gradasi warna dan kombinasi warna yang dihasilkan. Apabila anda seorang fotografer dan sering mengolah hasil jepretannya di layar komputer, maka anda perlu memilih LCD dengan contrats ratio yang cukup tinggi (50.000:1) atau lebih tinggi lagi.
Selain tips tips diatas, ada beberapa keuntungan apabila anda menggunakan LCD monitor, yaitu:
1. Konsumsi listrik yang lebih rendah. Biasanya sampai 60-80% konsumsi monitor tabung. ehingga juga bisa menghemat tagihan listrik anda.
2. Suhu lebih rendah. Karena mengkonsumsi lebh sedikit listrik.
3. Mata tidak cepat lelah. LCD monitor bekerja dengan reaksi cairan di dalam lapisan yang tipis untuk menghasilkan gambar. Berbeda dengan tube monitor yang bekerja dengan menembakkan elektron elektron dengan cukup tinggi dan kontinyu ke bidang layar.
4. Hemat tempat. karena tipis serta mempunyai bentuk yang ramping, sehingga bisa menghemat tempat di meja kerja anda.
Itulah beberapa tips serta keuntungan memilih LCD monitor bagi anda yang berencana mengganti tube monitor atau sedang akan merakit PC sendiri. Memang untuk saat ini harga LCD masih agak lebih mahal dibandingkan dengan tube monitor, namun seiring waktu harganya akan turun dan bersaing dengan monitor tabung.

0 komentar:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...